Sabtu, 12 Januari 2013

Makalah Tentang Design Pemodelan Grafis


Makalah Tentang Design Pemodelan Grafis


KATA PENGANTAR

Segala puji dan rasa syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan berkat, anugerah dan karunia yang melimpah, sehinggan penulis dapat menyelesaikan makalah ilmiah ini.Makalah ilmiah ini dibuat guna melengkapi tugas softskill pada semester 5 ini. Adapun judul penulisan makalah ilmiah ini adalah Tentang Design Pemodelan Grafis.Akhir kata, hanya kepada Allah SWT jugalah segalanya dikembalikan dan penulis sadari bahwa penulisan ini masih jauh dari sempurna, disebabkan karena berbagai keterbatasan yang penulis miliki. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk menjadi perbaikan di masa yang akan datang. Atas perhatiannnya, saya ucapkan terima kasih.

BAB I
PENDAHULUAN

        1.1            Latar Belakang Masalah

Animasi dan kreasi sudah tidak asing lagi dalam kehidupan modern ini seperti uang kepingan yang tidak bisa dipisahkan antara angka 500 dan lambang burung garuda. Keduanya, sudah sangat merajalela dan berkembang sangat pesat hingga sekarang. Sudah banyak sekali contoh animasi – animasi yang sering kita temuin terutama pada kartun, games, dan rancangan – rancangan arsitektur bangunan.
Perkembangan yang pesat itu tidak luput dari peran sebuah teknologi. Teknologi merupakan kunci segala sesuatu yang tadinya sulit menjadi mudah bahkan sangat mudah. Kita bisa liat perkembangan komputer yang awalnya besarnya seperti 2X lebih besar dari ukuran lemari. Sedangkan sekarang, komputer itu disulap menjadi sebuah laptop yang tipis dan bisa dibawa kemana-mana atau sering kita sebut komputer portable.

1.2                       Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah membuat sebuah objek yaitu kamar dengan isinya yang berbasis 3D dan melengkapi tugas softskill. dan membhaas tentang desain pemodelan grafis.

BAB II

ISI

                   
2.1                Design, Model, dan Grafik

Sebelum penulis membahas  pembuatan objek 3D menggunakan software blender, penulis inngin menjelaskan terlebih unsur pembuatan objek animasi yang berbasis 3 dimensi ini, yaitu desain, model, dan grafik.

2.2                Desain
Menurut wikipedia, desain adalah seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Adalagi yang mengartikan desain seperti yang dikutip dari carapedia.com sebagai pola rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Desain merupakan langkah awal sebelum memulai membuat suatu benda, seperti baju, furniture, bangunan, dll. Pada saat pembuatan desain biasanya mulai memasukkan unsur berbagai pertimbangan, perhitungan, cita rasa, dll. Sehingga bisa dibilang bahwa sebuah desain merupakan bentuk perumusan dari berbagai unsur termasuk berbagai macam pertimbangan di dalamnya.

                                                





BAB III
PENUTUP
4.1     Kesimpulan
Dari penjelasan pada bab – bab sebelumnya, penulis mengambil kesimpulan bahwa sebagian besar untuk membuat objek animasi yang berbasis 3 dimensi atau 3D ini harus mengerti terlebih dahulu tentang desain atau rancangan, model, dan grafik. Untuk itu, penulis menjelaskannya dalam makalah ini sehingga ketika membuat sebuah objek animasi yang berbasis 3D ini, tidak lagi sulit untuk dipikirkan dan dibayangkan pada pengerjaannya.
Dengan mengenal 3 unsur dalam pembuatan objek animasi tersebut, kita bisa membuat objek apapun yang kita mau dan kita suka menggunakan software 3D ini yaitu blender karena mudah dipahami dan dimengerti ditambah pengerjaannya akan lebih mudah dan cepat selesai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow As Twitter @HabySoekarno