Makalah
Tentang Design Pemodelan Grafis
KATA PENGANTAR
Segala puji
dan rasa syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan berkat, anugerah dan
karunia yang melimpah, sehinggan penulis dapat menyelesaikan makalah ilmiah
ini.Makalah ilmiah ini dibuat guna melengkapi tugas softskill pada semester 5
ini. Adapun judul penulisan makalah ilmiah ini adalah Tentang Design Pemodelan
Grafis.Akhir kata, hanya kepada Allah SWT jugalah segalanya dikembalikan dan
penulis sadari bahwa penulisan ini masih jauh dari sempurna, disebabkan karena
berbagai keterbatasan yang penulis miliki. Untuk itu, penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun untuk menjadi perbaikan di masa yang
akan datang. Atas perhatiannnya, saya ucapkan terima kasih.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Animasi dan
kreasi sudah tidak asing lagi dalam kehidupan modern ini seperti uang kepingan
yang tidak bisa dipisahkan antara angka 500 dan lambang burung garuda.
Keduanya, sudah sangat merajalela dan berkembang sangat pesat hingga sekarang.
Sudah banyak sekali contoh animasi – animasi yang sering kita temuin terutama
pada kartun, games, dan rancangan – rancangan arsitektur bangunan.
Perkembangan
yang pesat itu tidak luput dari peran sebuah teknologi. Teknologi merupakan
kunci segala sesuatu yang tadinya sulit menjadi mudah bahkan sangat mudah. Kita
bisa liat perkembangan komputer yang awalnya besarnya seperti 2X lebih besar
dari ukuran lemari. Sedangkan sekarang, komputer itu disulap menjadi sebuah
laptop yang tipis dan bisa dibawa kemana-mana atau sering kita sebut komputer
portable.
1.2 Tujuan
Tujuan dari
penulisan makalah ini adalah membuat sebuah objek yaitu kamar dengan isinya
yang berbasis 3D dan melengkapi tugas softskill. dan membhaas tentang desain
pemodelan grafis.
BAB II
ISI
2.1 Design, Model, dan Grafik
Sebelum
penulis membahas pembuatan objek 3D
menggunakan software blender, penulis inngin menjelaskan terlebih unsur
pembuatan objek animasi yang berbasis 3 dimensi ini, yaitu desain, model, dan
grafik.
2.2 Desain
Menurut
wikipedia, desain adalah seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian
kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata "desain" bisa digunakan
baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja,
"desain" memiliki arti "proses untuk membuat dan menciptakan
obyek baru". Sebagai kata benda, "desain" digunakan untuk
menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah
rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Adalagi yang
mengartikan desain seperti yang dikutip dari carapedia.com sebagai pola
rancangan yang menjadi dasar pembuatan suatu benda. Desain merupakan langkah
awal sebelum memulai membuat suatu benda, seperti baju, furniture, bangunan,
dll. Pada saat pembuatan desain biasanya mulai memasukkan unsur berbagai
pertimbangan, perhitungan, cita rasa, dll. Sehingga bisa dibilang bahwa sebuah
desain merupakan bentuk perumusan dari berbagai unsur termasuk berbagai macam
pertimbangan di dalamnya.
BAB III
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Dari
penjelasan pada bab – bab sebelumnya, penulis mengambil kesimpulan bahwa
sebagian besar untuk membuat objek animasi yang berbasis 3 dimensi atau 3D ini
harus mengerti terlebih dahulu tentang desain atau rancangan, model, dan
grafik. Untuk itu, penulis menjelaskannya dalam makalah ini sehingga ketika
membuat sebuah objek animasi yang berbasis 3D ini, tidak lagi sulit untuk
dipikirkan dan dibayangkan pada pengerjaannya.
Dengan
mengenal 3 unsur dalam pembuatan objek animasi tersebut, kita bisa membuat
objek apapun yang kita mau dan kita suka menggunakan software 3D ini yaitu
blender karena mudah dipahami dan dimengerti ditambah pengerjaannya akan lebih
mudah dan cepat selesai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar