Game desain, merupakan subset dari
pengembangan permainan , yaitu suatu
proses perancangan dari isi dan
aturan sebuah permainan dalam tahap pra-produksi dan desain game, lingkungan,
dan cerita selama tahap produksi . Istilah ini juga digunakan untuk
menggambarkan ataupun diwujudkan dalam desain permainan game serta dokumentasi
yang menggambarkan seperti desain. Game membutuhkan desain dan teknis artistik
kompetensi serta keterampilan menulis.
Cara membuat desain game dimulai dari
ide yang kita punya, setalah itu kita modifikasi pada konsep yang ada. Ide
permainan yang kita buat akan termasuk kedalam genre apa.
turn-based strategy
fighting
arcade
puzzle
Sering kebanyakan para desainer
pembuat game dalam membuat gamenya dia terkadang tidak termasuk dalam satu
genre saja tetapi banyak yang memakai lebih dari satu genre untuk menjadikan
gamenya semakin diminati para pecinta game. Game desainer biasanya menghasilkan
dokumen proposal diawal permainan, yang berisi konsep, gameplay, daftar fitur,
pengaturan dan cerita, target pemirsa, persyaratan dan jadwal, staf dan
estimasi anggaran.
Keputusan Banyak dibuat selama
pertandingan pembangunan tentang permainan desain, itu adalah tanggung jawab
desainer untuk menentukan elemen yang akan dilaksanakannya, misalnya,
konsistensi untuk permainan visi, atau anggaran atau keterbatasan hardware.
Desain perubahan mungkin memiliki dampak positif atau negatif signifikan
terhadap sumber daya yang diperlukan. Designer dapat menggunakan bahasa
scripting untuk melaksanakan dan ide desain preview tanpa harus memodifikasi
game basis kode. Seorang perancang sering memainkan permainan video game dan
demo untuk mengikuti perkembangan pasar game.
Pendanaan penerbit game harus
diperhitungkan, yang mungkin memiliki harapan tertentu dari permainan sebagai
video game kebanyakan pasar-didorong kemudian dikembangkan untuk dijual demi
keuntungan. Namun, jika masalah keuangan tidak mempengaruhi keputusan desainer,
game yang dibuatnya akan mengalami kekurangan dana ini mengakibatkan proses
pembuatan desain game tersebut terhambat.
PERANCANG PERMAINAN
Seorang perancang permainan adalah
orang yang mendesain game , dan juga yang membuat peraturan dan struktur dalam
permainan.
Lead designer yaitu koordinat karya
desainer dari visioner utama permainan.
Desainer Lead memastikan komunikasi tim, membuat keputusan desain besar, dan
menyajikan desain di luar tim. Seringkali desainer lead teknis dan artistik
cerdik. Menjaga dan menyajikan dokumentasi dalam tanggung jawab desainer.
Desainer Lead mungkin merupakan pendiri perusahaan yang merupakan pengembangan
permainan atau dapat dikirimkan dengan penerbit, jika game konsep disediakan
oleh penerbit.
Game desainer desain mekanik dan saldo
mekanika game.
Tingkat desainer atau lingkungan
desainer adalah posisi terpenting dalam beberapa tahun terakhir. Tingkat
desainer adalah orang yang bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan game,
tingkat , dan misi.
Penulis adalah orang memahami permainan
narasi dalam seiring dalam mendesain gamenya, dialog, komentar, cutscene
narasi, jurnal, kemasan permainan video konten, sistem petunjuk, dan lain-lain.
Ini adalah tanggung jawab penulis untuk berkolaborasi dengan desainer utama,
menciptakan ide cemerlang, menghindari pengulangan, memberikan umpan balik, dan
lain-lain.
PENDISIPLINANNYA
World design adalah penciptaan
backstory, setting, dan tema untuk permainan yang sering dilakukan oleh
desainer memimpin.
System design Sistem desain penciptaan
aturan permainan dan pola matematika yang mendasarinya.
Content design Konten akan penciptaan
desain karakter, item, teka-teki, dan misi.
Game writing Game menulis melibatkan
menulis dialog, teks, dan cerita.
Level design Tingkat desain adalah
pembangunan tingkat dunia dan fitur-fiturnya.
User interface design desain antarmuka
pengguna membangun interaksi antarmuka pengguna dan umpan balik.
Elemen permainan
Narasi
Banyak permainan memiliki unsur-unsur
naratif yang memberikan konteks untuk sebuah acara di permainan, membuat
aktivitas bermain kurang abstrak dan meningkatkan nilai hiburan, meskipun
unsur-unsur naratif yang tidak selalu jelas hadir. Tetris adalah contoh
permainan tampaknya tanpa narasi. Perlu dicatat bahwa beberapa narratologists
mengklaim bahwa semua permainan memiliki unsur narasi. Beberapa melangkah lebih
jauh dan menyatakan bahwa permainan yang pada dasarnya merupakan bentuk naratif
. Narasi dalam praktik dapat menjadi titik awal bagi pengembangan permainan,
atau alternatif dapat ditambahkan ke desain yang dimulai sebagai serangkaian
mekanika game. Narasi elemen dari permainan adalah aspek utama dari permainan
yang digunakan dalam pemasaran, karena kemudahan yang mereka dapat terkait
media non-interaktif.
Desain proses
Proses pendesainannya bervariasi dari
desainer untuk desainer dan perusahaan memiliki prosedur formal yang berbeda
dan filosofi. Dokumen desain game dimaksudkan untuk memetakan desain lengkap
permainan dan bertindak sebagai nara sumber pusat untuk pembangunan tim.
Dokumen ini idealnya harus diperbarui karena permainan berkembang selama proses
produksi.
Desainer sering diharapkan untuk
beradaptasi dengan peran ganda dari berbagai ragam cara pembuatannya Sebagai
contoh, konsep prototyping dapat dibantu dengan penggunaan mesin dan alat-alat
seperti Game Maker. Tingkat desain mungkin dilakukan terlebih dahulu di atas
kertas dan lagi untuk mesin permainan menggunakan alat pemodelan 3d bahasa
Scripting yang digunakan untuk banyak elemen-AI, cutscenes, GUI, dan perilaku
lainnya dan efek-desainer Setting, cerita dan konsep karakter memerlukan
penelitian dalam menulis proses. Desainer dapat mengawasi pengujian fokus,
menulis seni dan daftar aset audio, dan menulis dokumentasi permainan. Selain
skillset itu sendiri, desainer yang ideal komunikator yang jelas dengan
perhatian terhadap detail dan kemampuan untuk mendelegasikan tanggung jawab
secara tepat.
Desain persetujuan dalam pengaturan
komersial merupakan proses yang berkesinambungan dari tahap awal sampai dalam
permainan Ketika sebuah proyek baru sedang dibahas (baik internal, atau sebagai
hasil dari dialog dengan penerbit potensial), perancang mungkin diminta untuk
menulis selembar untuk menjual konsep pendek, diikuti oleh satu atau dua
halaman pitch fitur tertentu, penonton, platform, dan rincian lainnya. Desainer
pertama akan bertemu dengan pemimpin di departemen lain untuk membangun
kesepakatan tentang kelayakan permainan diberikan waktu yang tersedia, ruang
lingkup, dan anggaran. Jika lapangan disetujui, tonggak awal fokus pada
pembuatan dokumen desain fleshed-out. Beberapa pengembang advokat tahap
prototyping sebelum dokumen desain ditulis untuk bereksperimen dengan ide-ide
baru sebelum mereka menjadi bagian dari desain.
Seiring produksi berlangsung, desainer
akan diminta untuk membuat keputusan tentang elemen yang hilang dari desain
game pembuatannya. Konsekuensi dari keputusan ini sulit diprediksi dan sering
hanya dapat ditentukan setelah membuat implementasi penuh. Ini disebut sebagai
desain yang tidak diketahui. Faktor luar seperti pemotongan anggaran atau
perubahan dalam ekspektasi tonggak juga mengakibatkan luka pada desain, dan
sementara pemotongan terlalu besar dapat mengambil hati dari proyek, luka juga
dapat menghasilkan sebuah desain streamline hanya dengan fitur terpenting saja.
Menjelang akhir produksi, desainer mengambil beban tanggung jawab untuk
memastikan bahwa gameplay tetap pada standar yang seragam di seluruh
pertandingan, bahkan dalam permainan panjang yang sangat sulit di bawah
“crunch” kondisi, sebagai seluruh tim mungkin mulai melupakan gameplay inti
sekali ditekan untuk memukul tanggal untuk jadi dan bebas bug game.
Sumber :
http://leapon.net/id/buat-game-yuk
http://samuelhenry.com/membuat-game-1949-seri-1
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&tl=id&u=http%3A%2F%2Fen.wikipedia.org%2Fwiki%2FGame_design
Tidak ada komentar:
Posting Komentar