Kinect adalah salah satu teknologi yang bisa di bilang baru untuk
tahun 2012. sehingga banyak developer developer berbondong bondong
mengotak-atik kinect tersebut. untuk tahun 2013 sudah banyak sekali tutorial
tentang kinect bermunculan di you tube. dan juga banyak game yang menggunakan
kinect bermunculan.
Sedikit sejarah
tentang kinect. Kinect didasarkan dari teknologi perangkat lunak yang
dikembangkan secara internal oleh Rare, anak perusahaan dari Microsoft Game
Studios milik Microsoft, dan teknologi kamera oleh pengembang Israel,
PrimeSense. PrimeSense mengembangkan sistem yang dapat mengintepretasikan
gestur secara spesifik, sehingga kontrol secara hands-free dapat dilakukan pada
perangkat elektronik menggunakan proyektor infrared dan kamera, serta microchip
khusus untuk melacak pergerakan objek dan individu pada bidang tiga dimensi.
Sistem 3D scanner tersebut dinamakan Light Coding yang menggunakan variasi dari
rekonstruksi gambar 3D.
Sensor Kinect
adalah batang horizontal yang terhubung dengan alas kecil yang memiliki poros
yang dapat berputar. Sensor Kinect dirancang untuk diletakkan diatas maupun di
bawah TV. Perangkat ini memiliki kamera RGB, sensor kedalaman dan mikrofon yang
berjalan di perangkat software khusus, yang menyediakan kemampuan untuk
menangkap gerak secara 3D, mengenali wajah dan mengenali suara. Saat
diluncurkan, fitur pengenal suara hanya tersedia di Jepang, Amerika Serika
Kanada, dan Inggris. Sekarang fitur ini tersedia di Australia, kanada, Prancis,
Jerman, Irlandia, Jepang Meksiko, New Zealand Amerika Serikat dan Inggris.
Sistem multi-mikrofon pada Sensor Kinect memungkinkan Xbox 360 untuk mengurangi
suara bising, sehingga kegiatan seperti ngobrol secara hands-free dapat
dilakukan lewat Xbox Live.
Sensor
kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared dikombinasikan dengan sensor
CMOS monokromatik, yang merekam data video 3D dalam kondisi pencahayaan apapun.
Area pengenalan sensor kedalaman dapat diatur, dan perangkat lunak Kinect
secara otomatis mampu mengkalibrasikan sensor berdasarkan permainan dan kondisi
lingkungan pemain, mengenali keberadaan furnitur maupun halangan lain. Kinect
secara simultan mampu mengenali hingga enam orang, termasuk dua pemain aktif
untuk dianalisis gerakannya pada 20 titik sendi tiap orang. Namun, PrimeSense
menyatakan bahwa jumlah orang yang dapat “dilihat” (tidak diproses sebagai
pemain) hanya dibatasi oleh berapa banyak yang dapat masuk ke dalam jangkauan
kamera.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar